Pengertian Bahan Ajar


Bahan Ajar

Pengertian bahan ajar.
Adapun yang dimaksud dengan bahan ajar adalah kumpulan pengalaman2 pendidikan/akademik, fakta, informasi, yang kesemuanya itu diharapkan menjadi bekal siswa. Yang demikian itu merupakan Orientasi dan nilai yang hendak ditumbuhsuburkan kepada para siswa. Pada akhirnya aspek psikomotorik yang dikehendaki untuk diperoleh para siswa dengan tujuan terwujudnya perkembangan secara menyeluruh dalam tujuan jelas yang telah ditentukan pada sebuah kurikulum.

Kriteria pemilihan bahan ajar.

1. Valid: bahan ajar dianggap konkret ketika bahan ajar itu konkret, sesuai kenyataan, dan sistematis.
2. Urgensi (kemanfaatan): bahan ajar dianggap penting ketika memiliki nilai dalam kehidupan siswa, meliputi perbedaan sisi dari bidang bidang informatif, nilai dan keterampilan. Kepentingan pengembangan aspek kognitif dan struktur pengorganisasian pengetahuan atau menjadikan aspek kognitif sebagai materi untuk dipelajari atau pengembangan orientasi siswa.
3. Minat dan Perhatian
Bahan ajar harus sejalan dengan perhatian siswa ketika asas perhatian dan minat ini dipilih tanpa mengabaikan prioritas yang tentunya didasari oleh kepentingan siswa.
4. Dapat dipelajari: bahan ajar harus dapat dipelajari sesuai dengan tingkat kecocokan kemampuan kebahasaan siswa. Seiring dengan perbedaan individu, berkaitan dengan tingkatan dan cakupan materi pembelajaran.
5. Universal: bahan ajar yang baik harus mencakup aspek2 pembelajaran tanpa mengenal batasan2 geografis antarmanusia dan mampu mengedepankan kehidupan masyarakat setempat, sehingga hendaknya siswa mengaitkan dengan dunia kontemporer di sekitarnya.

Halliday membagi pengajaran bahasa dalam tiga macam:
1. Pengajaran normatif
2. Pengajaran produktif
3. Pengajaran deskriptif

Dalam penjelasan tiga hal ini, bisa dirincikan kriteria2 ini yang bertujuan untuk memilih materi dalam metode pembelajaran bahasa arab bagi non arab.

1. Hendaklah bahan ajar tersebut dapat menolong siswa mengetahui kesalahan2 dlam pembelajaran bahasa arab yang fasih dalam belajar kaidah bahasa arab yang benar secara bertahap apa yang belum terbiasa didengar dan diucapkan.

2. Bahan ajar tersebut dapat memproduksi bahasa baru dan tidak hanya menerima dari guru saja.
3. Bahan ajar hendaknya memberikan pengetahuan pada siswa tentang pokok2 bahasa arab dan mengetahui kalimat dalam ungkapan2nya dan penumbuhan rasa (indera) dengan keindahan yang kuat dalam mempelajari bahasa arab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAGAIMANA MEMILIH DAN MENYUSUN BAHAN AJAR

AL-TARADUF WA AL-ISYTIRAK WA AL-TADHAD